Wednesday, April 22, 2009

cooking day

senangnya hari ini aku memasak :D :D

awalnya adalah selama liburan ini gue nonton acara masak. judulnya nigella bites atau nigella feasts di discovery travel & living. the host was nigella lawson. nigella kalo masak tuh keliatannya gampaaang banget. dan hasil masakannya selalu keliatan (dan selalu) enak. setiap abis masak, selalu dia makan masakannya dengan menggiurkan. yumm. ngeliat dia, gue jadi pengen belajar masak dan bener2 bisa masak :p. serius.

nah, ayah minta gue untuk gorengin telur dadar. udah deh tuh gue masakin dengan sepenuh hati (jieeeh). eh ternyata hasilnya enak lhow :). padahal telur dadar doang, apa yang dibanggain ya? hehe.

trus gue bilang ke mama "mam, pengen masak lagi deh."
"tuh ada daging ayam di kulkas," kata mama
gue ambil deh tuh daging ayam. tapi, masih beku -_-. dagingnya gue diemin sekitar 1stengah jam.
"yah, nih daging mending diapain ya?" tanya gue ke ayah.
"dikecapin aja. tapi di-asem-garem-in dulu, trus digoreng blablabla," kata ayah.

gue membuat chicken teriyaki a la abiella.
pertama, daging ayamnya dipotong2 dadu, trus direndam di asam garam. diemin untuk beberapa menit. sembari menunggu, ulek 2 siung bawang putih (bahasa gue kacau). setelah itu, goreng daging ayam sampai well-cooked. tiriskan. tumis bawang putih. kalo udah harum, daging ayam tadi digoreng lagi sama bawangnya. tuang saus teriyaki secukupnya. kasih gula secukupnya juga (dalam memasak ini, gue takarannya pake hati, bukan sendok). terus, kasih air 3/4 mangkok kecil. aduk rata. tambahin bumbu penyedap biar tambah sedap (ya iya lah, masa tambah asem). voila! jadilah chicken teriyaki a la abiella. simple, easy, and delicious i guarantee.

kata mama sama abed enak lho. kalo andrew ga makan z. nah, while typing this blog, gue lagi nunggu ayah mencicipi masakan gue. dag dig dug.

udah dulu ya. ciao.

No comments:

Post a Comment