Friday, June 19, 2009

the sweet escape: jogja day 2

hey bloggers! it's my 3rd day at jogja. and here's the chronicles of my 2nd day at jogja.

pagi pagi botik nyusul ke jogja, pake airasia juga. kita ga ada yg jemput ke bandara, cukup driver aja. nah, kali ini drivernya ganti untuk sementara. namanya pak supri. tapi botik suka salah nyebut jadi pak surip. jah, dikira mbah surip kali? "tak gendong kemana mana, enak toh mantep toh." anyway, setelah botik sampe di ibis, kita masih bermalas malasan dulu. gue yg udah bangun aja, tidur lagi karna di samping gue botik ikutan tidur. sampe akhirnya gue kebangun entah karna apa. gue turun untuk breakfast, meninggalkan botik yg masih lelap kayak kebo. breakfast di ibis yaa tipikal breakfast di hotel lainnya, std. masih ngaso lagi di kamar hotel. siangan kita baru keluar kamar untuk jalan jalan. berhubung botik ga ikut breakfast, dia jadi laper. kita cari makan di restoran mang engking. suasananya enak, terbuka gitu, dan ada castle gitu. kita sempet foto di tangga castle itu. kita pesen udang, kepiting, cumi, karedok, dan hanya seporsi nasi. kenapa seporsi? karna kita masih kenyang, dan botik udah ga makan nasi lagi. enak enak makanannya dan pas porsinya. kalo kata botik "a perfect lunch." di mang engkin jualan lukisan juga. opung mami, bukannya kepincut sama lukisannya, malah kepincut sama framenya. ternyata lukisan dan frame itu berasal dari tempat yg sama waktu ayah beli lukisan juga untuk opung mami. kita mampir ke tempat itu, tepatnya botik dan opung mami. gue dan bochi stay di mobil karna kita ga terlalu interest sama yg begituan. lama banget botik dan opung mami di sana. udah lama, eh ga beli zz. lanjut ke tempat pottery atau guci. botik beli kaca untuk wastafel ruang makan rumah, opung mami beli pajangan piring yg gue akui bagus banget. di tempat guci itu ada bau asap. ternyata lagi ada yg bakar guci. asapnya tebel bikin sesak, gue sempet batuk batuk. lanjut, kita cari letaknya piapia. piapia adalah sebuah tempat penjualan home made bakpia. piapia masih berupa home industry, tapi dalam waktu dekat akan dibikin outlet piapia. rasanya cuma ada 2 varian, keju dan coklat, dua duanya dicampur kacang ijo. enak lho. piapia letaknya di perumahan deket ugm, kaliurang. kalo tanya ke orang jogja, mungkin mereka belum ngeh apa itu piapia. pokoknya letaknya di deket ugm. hari udah sore, dan kasian opung papi udah laper. tapi sebelumnya kita ke taman sari lagi. di salah satu toko batik, di luarnya ada yg jual aksesoris batik; tas, kipas, topi, dll. bochi beli kipas dan botik beli tas untuk oleh oleh. ngeborong abis tante tanteku ini. malamnya, kita pengen coba makan di gadri resto deket keraton. gadri resto adalah kepunyaan adiknya sri sultan. sampe di sana, ga taunya lagi ada acara, jadi kita ga bisa makan di sana. tapi, walaupun ga bisa makan, kita tetep dong berfoto foto di sana. bagus deh tempatnya, kayak keraton gitu. selain gadri, ada banyak option restoran lainnya. tapi kita memilih restoran medan lezat yg kemarin. kita pesen udang saos medan, cah kangkung, mun tahu, ayam wijen, dan gurame tauco. nasinya cuma 2 porsi. and again, bot said "a perfect dinner." kenyang makan, kita balik ke ibis karna opung udah pada capek. gue, bochi, botik istirahat sebentar, karna setelah itu kita mau jalan jalan malem lagi naik becak. bochi menghubungi mas yono, tukang becak yg kemarin. kali ini kita minta 2 becak karna ada botik. kita muter muter lagi di sekitar keraton, ke toko ini toko itu tapi ga ada yg dibeli berhubung kita juga udah pada capek dan ngantuk. tapi emang enak ya naik becak malem malem. bodohnya adalah gue pake celana pendek, jadi kedinginan lah gue selama muter muter. untung gue ga masuk angin. yg lucu adalah setiap kali kita ngelewatin orang pasti ada yg teriak "mbak tika!" gue, yg duduk di samping botik, udah ngakak aja denger orang orang manggil manggil botik. sementara botik sibuk senyam senyum sana sini, melayani orang orang yg menjadikannya tontonan sesaat. oya, langit malam di jogja kemarin bersih banget, jadi bisa liat bintang. bintangnya bukan cuma 1 atau 2 aja, tapi ada banyak. terang terang pula. selama di atas becak, gue sibuk dongakin kepala, melihat keindahan langit yg pasti ga akan bisa gue nikmati di jakarta. selesai sudah perjalanan kami. capek rasanya. sampainya di ibis, gue buru buru bebersih, terus tidur deh.

saat ini gue lagi otw ke solo. opung mami masih pengen banget ke batik soga dan merak manis. abis itu kita mau menikmati sunset di pantai baron, atau, kalo ga sempet ke pantai baron, kita ke prambanan aja.

and so it is. have a blast day, fellas!

p.s.: ayahku lagi flight ke cairo. tadi dia udah upload fotonya yg lagi di bandara dubai yg bagusnya naujubillah kayak mall. pengen ikut deh aaah >.<