Tuesday, June 2, 2009

selera musik saya

entah gue salah minum obat atau apa. mungkin pengaruh tontonan di tv dan siaran di radio yg makin lama makin mengalay, gue jadi ikutan mengalay. gue terkontaminasi sama musiknya st.12, hijau daun, wali, t2, dkk. ridho rhoma juga sih, tapi bagi gue dia ga alay kok.

it all started last sunday. entah kenapa gue tiba-tiba menyanyikan lagu menunggumu ridho rhoma. lagunya memang sih agaknya bagaimana gitu.

lanjut dengan lagunya wali yg ceritanya tentang orang ga laku. denger aja liriknya "bapak-bapak ibu-ibu, siapa yg punya anak, bilang aku, aku yg tengah malu sama teman-temanku karna cuma diriku yg tak laku-laku." hahaha, siapa sih yg mau sama orang yg secara terang-terangan minta dicariin jodoh? segitu desperate kah lo?

anyway, lanjut sama lagunya t2 yg malu-malu dong. hiyaaa again and again and again. secara penampilan dan stage act, t2 ok kok. cara berpakaian mereka bisa gue bilang classy and sassy. tapi musik? hmm.. yaa denger aja lagunya yg selalu di dalamnya ada kata-kata yg lagi in, contohnya lebay, bronis-brondong manis, dll lah pokoknya. lalu dikemas dengan musik yg centil nan ear-catching, bisa jadi nilai plus bagi t2.

lalu, hijau daun. "suara, dengarkanlah aku.." sekarang gue tanya ya, sejak kapan suara punya telinga? gue bertanya-tanya, yg ciptain lagu ini ga pernah diajarin bahasa indonesia sama biologi ya? jelas-jelas suara bukanlah makhluk hidup! jadi tidak bisa mendengar karna suara tidak punya telinga! KOK BODOH BANGET SIH?!

inilah kekurangan musisi instan jaman sekarang. mereka kurang memperhatikan estetika bermusik. yg mereka tau hanya menghasilkan single yg hits, album laku besar, rbt banyak dipake, dapet platinum dari label, dan manggung di sana sini dengan penampilan meriah nan alay. sementara, musisi yg genuine bener-bener teliti dalam bermusik. setiap lirik dirangkai dengan nada yg harmonis. jadi, saat masuk ke telinga, dapat menggugah siapa aja yg denger. persetan dengan penampilan, honor, fame, blablabla. yg penting adalah musik mereka mencitrakan diri mereka dan bisa menginspirasi banyak orang.

ini beberapa contoh musisi indonesia yg peduli dengan estetika bermusik:
soulvibe. men, ini adalah band paling keren tahun ini menurut gue. minggir sana, ungu dan peterpan! cuz soulvibe is on its way to the top! gue suka bgt musiknya. their music is not simple actually. banyak ornamen-ornamen yg dimasukin tapi ga norak. in fact, membuat musik mereka jadi ear-catching dan berkelas. coba denger lagu warna cinta sebagai musik. genre musik r&b yg mereka mainkan punya jiwa. istilahnya, setiap personil tuh mainnya kawin bgt. bravo for soulvibe!

afgan. ini sih jangan ditanya deh. udah banya single afgan yg jadi hits. gue akui, suaranya lembut bgt dan emang pas sama musik orkestra. dia didukung sama musisi kelas atas, jadi musiknya juga ga sembarangan. ditambah teknik vokal afgan yg matang. afgan kayak the next glenn fredly yg akan bikin lebih banyak lg single yg berkualitas. tapi, jangan sampe hidupnya kayak glenn yg diam-diam sesat :p.

kahitna. kahitna kemana aja ya? udah jarang kedengeran nih. yovie lg asik sih sama mainan barunya, yovie nuno. padahal, kalo dilihat dari rangenya, kahitna tuh 9 dan yovie nuno 7. kenapa? kahitna lebih senior, dan tentu musiknya lebih mature. dengan konsep fullband (piano aja ada 2, keyboard dan programer), musik kahitna terdengar lebih siap untuk dipasarkan. tiga vokalisnya juga menunjang bgt. hedi yunus bariton, carlo tenor, dan mario bass. klo bgt kedengerannya. dan jangan lupa yovie widianto sang maestro. mana ada sih lagu ciptaannya yg ga jadi hits? hampir semua lagu yg diolah sama yovie dijamin terkenal deh. yovie tuh kayak david foster versi indonesia, walaupun tetep aja jauh bgt kalo dibandingin kehebatan mr.foster.

vierra. the new comer and the most talk-about band these days. berbekal kevin aprilio sebagai motor vierra, band ini dijamin akan sukses. ya liat aja di belakang mereka siapa dulu yg dukung. addie ms. yaa udah deh, kartu mati. kevin jenius dalam hal ini, keturunan dari bapaknya. kita liat nanti gimana kelanjutan nasib band vierra.

ahmad dhani. the genius of music industry. hands up deh kalo udah menyangkut ahmad dhani. terlepas dari dirinya yg arogan dan kontroversial, marilah kita akui kawan, dia adalah musisi terhebat di indonesia. denger semua lagu yg ditangani sama dhani, kalo ga lo semua akan mengakui juga. mulai dari dewa 19, the rock, mulan jameela, dewi dewi, dulu andra & the backbone, dulu ratu, dan sekarang the virgin, sampe lucky laki yg isinya al el dul. ga lupa ada juga reza arthamevira, titi dj, dan agnes monica yg pernah di-handle dhani sebelum republik cinta management. lagu-lagunya jadi hits semua. aransemen yg dibikin dhani memiliki ciri khas. mulai dari permainan nada keyboard, tabuhan drum yg yahud, distorsi gitar yg khas bgt kayak queen, sampe vokal yg entah bagaimana caranya iconic bgt. denger deh suara mulan jameela, dewi dewi, dan dara the virgin yg dibentuk sama dhani jadi mirip bgt semuanya. tapi, itu malah jadi ciri khas artis rcm, vokalnya khas. two thumbs up buat ahmad dhani, sang jenius musik indonesia.

itu hanya beberapa dari musisi indonesia yg gue anggap berkualitas. tentu aja project pop juga dong! dengan menulis ini gue harap musik indonesia akan semakin maju. ayo! jangan mau kalah sama malaysia! (lho?)

p.s.: i do admire ridho rhoma. he's good looking with beards *wink wink*

No comments:

Post a Comment